Pipa Tembaga atau PVC: Mana yang Lebih Baik untuk Fasilitas Anda?

Pipa Tembaga atau PVC: Mana yang Lebih Baik untuk Fasilitas Anda?. Di antara manajer fasilitas dan insinyur pemeliharaan, ada perdebatan tentang apakah pipa tembaga atau PVC lebih unggul. Setiap jenis perpipaan memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik. Kita akan melihat kedua jenis perpipaan sehingga Anda dapat mempertimbangkan pro dan kontra untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang perpipaan apa yang paling sesuai dengan fasilitas Anda.

Pipa tembaga atau PVC

Pipa tembaga atau PVC

Menurut informasi terbaru di antara manajer fasilitas dan insinyur pemeliharaan, ada perdebatan tentang apakah pipa tembaga atau PVC lebih unggul. Setiap jenis perpipaan memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik. Di sini kita akan melihat kedua jenis perpipaan sehingga Anda dapat mempertimbangkan pro dan kontra untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang perpipaan apa yang paling sesuai dengan fasilitas Anda.

Menggunakan perpipaan tembaga

Ada banyak alasan untuk menggunakan tembaga di seluruh fasilitas Anda. Ini adalah bahan yang kuat namun ringan yang datang dalam bentuk yang kaku dan semi-kaku, yang membuatnya mudah untuk merancang sistem perpipaan di daerah yang sulit. Silahkan kunjungi jual pipa tembaga ac untuk pipa tembaga terbaik. Tembaga juga dapat menangani tekanan panas atau udara yang ekstrim, dan ini adalah konduktor panas yang baik, yang membuatnya ideal untuk sistem pendingin. Keuntungan lainnya termasuk:

  • Tembaga adalah bahan biostatik, yang berarti tidak akan mendukung pertumbuhan bakteri.
  • Titik leleh tembaga yang tinggi membuatnya sangat tahan api.
  • Ini diterima secara universal oleh semua kode bangunan utama di seluruh dunia.
  • Tembaga adalah salah satu dari beberapa bahan yang dapat menangani panas dan tekanan dari garis boiler.

Dalam beberapa skenario, bagaimanapun, tembaga memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, dalam penggunaan normal, tembaga tahan terhadap korosi dan tahan terhadap skala, namun, ketika digunakan dengan air keras, dinding bagian dalam tubing cenderung mengumpulkan endapan kalsium. Selain itu, tembaga tidak cocok untuk penanganan asam.

Kelemahan lainnya adalah tembaga tidak kompatibel dengan banyak bentuk perpipaan lainnya. Ini dapat digunakan dengan fitting kuningan atau plastik, tetapi Anda harus menggunakan tindakan khusus jika Anda berencana untuk menggunakan tembaga dengan bahan pemipaan lainnya. Untuk pipa terbaik silahkan kunjungi jual pipa tembaga ac.

Mana yang lebih baik antara pipa tembaga atau PVC?

Meskipun hal ini mungkin tidak tampak sebagai masalah besar, di fasilitas yang lebih tua yang telah melihat tahun peningkatan dan perbaikan, sangat umum untuk sistem perpipaan dibuat dari beberapa bahan yang berbeda.

Menggunakan pipa PVC

PVC juga hadir dengan banyak kelebihan. Ini hampir sama tahan lama seperti tembaga, dan dalam aplikasi tertentu, itu lebih tahan lama. PVC juga jauh lebih murah daripada tembaga, baik dalam biaya bahan dan biaya pemasangan. Seperti tembaga, PVC adalah antibakteri. Berikut ini beberapa kelebihan lain yang perlu dipertimbangkan:

  • PVC tidak akan menimbulkan korosi, dan tidak ada bahaya pitting atau penumpukan skala.
  • Daripada melakukan panas dan dingin, PVC adalah isolator, yang menghemat biaya energi.
  • PVC sangat ideal untuk air asin, bahan kimia dan asam non-organik .
  • Ini adalah bahan non-reaktif, yang berarti Anda dapat mencampurnya dengan jenis perpipaan lainnya.

PVC memang memiliki beberapa kekurangan. Anda harus memeriksa dengan lembaga penegak kode sebelum menginstal pipa PVC. Di sebagian besar wilayah, PVC disetujui untuk digunakan, tetapi karena ini adalah bahan perpipaan yang relatif baru, ada beberapa tempat yang melarangnya.

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang dengan Aplikasi!

Pipa tembaga atau PVC, sementara dianggap sebagai bahan pipa tahan api, tidak tahan api seperti pipa logam. PVC akan terbakar ketika terkena nyala langsung, namun diketahui tidak berkontribusi pada penyebaran api yang ada.