Presiden Jokowi resmikan jalan Tol Jombang-Mojokerto seksi 2 HOT NEWS

Berita hari ini tentang Presiden Jokowi resmikan jalan Tol Jombang-Mojokerto seksi 2.

Merdeka.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalan tol Jombang-Mojokerto (Joker) seksi 2 dan seksi sepanjang 40,5 kilometer, Minggu (10/9).

Jalan Tol Joker ini merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang menghubungkan bagian barat Kabupaten Jombang (Desa Bandarkedungmulyo) dengan bagian utara Kabupaten Mojokerto (Desa Penompo).

Presiden Jokowi meminta pembangunan infrastruktur tidak boleh diundur undur. Karena dampaknya berpengaruh pada kenaikan harga dan mundurnya pengoperasianya.

“Saya tadi kesini dibisiki pak Bupati Mojokerto, beliau menyampaikan, pak jalan ini harusnya selesai sejak dulu, karena karena pembangunan dimulai tahun 1996 dulu. Tapi kenapa tidak jadi-jadi, ya tanyakan ke pak bupati atau pak gubernur,” sambutan Presiden Joko Widodo, sembari disambut tertawa tamu undangan, Minggu (10/9).

Dia menjelaskan, pembebasan lahan banyak terjadi di titik-titik pembangunan jalan tol, tidak hanya di Jawa Timur, Jawa Tengah, maupun Jawa Barat. Meski begitu, jika konstruksi jalan tol bisa diselesaikan dengan baik, maka pembangunan bisa dilakukan dengan cepat.

Ditargetkan hingga tahun 2018 jalan tol Trans Jawa sampai Banyuwangi sudah selesai. Sesuai rencana pembangunan jalan tol yang akan diselesaiakan mencapai 1.100 hingga 1.200 kilometer.

“Ya, targetnya kan 1.100-1.200, tapi kita harapkan 1.800 kilometer bisa selesai. Di Banyuwangi sudah penetapan lokasi, tahun 2018 pembebasan lahan dan langsung pembangunan infrastruktur,” imbuhnya.

Dengan jalan tol, maka konektifitas antar daerah dan tempat bisa lebih mudah. Karena menurutnya kemudahan konektifitas ini sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan perekonomian.

“Kecepatan penyelesaian infrastruktur bisa meningkatkan konektifitas, ekonomi meningkat, dan bisa bersaing kecepatan. Bisa tidak mungkin dengan kecepatan, ekonomi di Jawa Timur bisa bersaing dengan Singapura dan Malaysia,” harap Jokowi.

Sementara President Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur, Wiwiek D. Santoso, menjelaskan, Tol Joker seksi 2 dan seksi 3, terhububg dengan seksi 4 yang menyambung dengan ruas Ngawi-Kertosono.

Pengoperasian ruas jalan tol Jombang-Mojokerto dilakukan secara bertahap. Diawali pengoperasian seksi 1 sepanjang 14,7 kilometer pada Oktober 2014 lalu. Kemudian dilanjutkan dioperasikanya seksi 3 sepabjang 5 kilometer pada November 2016. Seksi 2 sepanjang 19,9 kilometer, sedangkan seksi 4 sepanjang 0,9 kilometer rencanaya akan diresmikan bersamaan dengan pengoperasian ruas Ngawi-Kertosono.

Secara keseluruhan ruas tol Jombang-Mojokerto yang melintasi 35 Desa ini, memiliki 4 gerbang tol. Diantaranya gerbang tol Bandar di Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, gerbang tol Jombang, di Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, gerbang tol Mojokerto Barat, di Desa Pagerluyung, Mojokerto, gerbang tol Mojokerto, di Desa Penompo Kecamatan Jetis, Mojokerto.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta masyarakat Jombang dan Mojokerto yang telah mendukung pembangunan tol Jombang – Mojokerto ini,” kata Wiwiek.

[sau]

Kabar terbaru yang valid menurut situs media tentang Presiden Jokowi resmikan jalan Tol Jombang-Mojokerto seksi 2.