5 Sumber Daya Pemasaran Online Paling Handal Untuk Bisnis Kecil

alat pemasaran online

Statistik menunjukkan bahwa antara 60% dan 70% usaha kecil mati sebelum mereka lulus ke tahap stabil. Ini adalah salah satu hal yang seharusnya tidak Anda harapkan untuk bisnis Anda. Ide dasarnya, dalam hal ini, adalah memanfaatkan sumber daya yang tersedia dalam memasarkan bisnis kecil Anda. Tidak masalah seberapa rendah efektivitas sumber daya tertentu. Asalkan dapat membawa bisnis Anda selangkah lebih maju, maka Anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya. Sebagian besar pemilik usaha kecil binasa pada tahap awal mereka hanya karena mereka mengabaikan beberapa sumber daya yang dianggap biasa-biasa saja.

Alat Google

Tahukah Anda bahwa sebagian besar alat analisis web gratis? Apa yang kamu katakan ini? Ini hanya menyiratkan bahwa alat analisis web adalah sumber daya pemasaran yang ideal untuk usaha kecil. Dengan bantuan alat-alat ini, Anda akan dapat menganalisis semua informasi yang berkaitan dengan situs web Anda dan menetapkan ukuran untuk meningkatkan kinerja.

Google Analytics , misalnya, adalah alat gratis yang dapat digunakan untuk melacak kinerja lalu lintas di situs web Anda. Alat ini dibuat dengan cara yang analisis mendalam dilakukan berdasarkan kata kunci dan tren lainnya untuk menghasilkan laporan kinerja yang komprehensif untuk situs Anda. Dengan alat ini, Anda akan dapat menetapkan ukuran yang dapat meningkatkan jumlah orang yang mengunjungi situs Anda.

Media Sosial

Dia jumlah orang yang menggunakan media sosial saat ini sekitar 2 miliar. Sungguh luar biasa bahwa Anda tidak perlu membayar apa pun untuk Anda menggunakan platform sosial apa pun. Dengan kata lain, jejaring sosial dapat digunakan sebagai sumber daya pemasaran yang ideal untuk usaha kecil. Ide dasarnya, dalam hal ini, adalah membuat jaringan yang akan melibatkan sejumlah besar pengguna media sosial.

Beberapa platform media sosial yang tersedia bahkan menawarkan ruang untuk penciptaan kelompok. Kelompok-kelompok semacam itu dapat menarik ribuan anggota selama ada kegiatan yang sedang berlangsung. Jumlah usaha kecil yang tumbuh dengan bantuan forum media sosial sangat tinggi. Platform sosial lain yang dapat Anda gunakan termasuk Twitter, Instagram, dan LinkedIn di antara yang lainnya.

Alat Blog

Tahukah Anda bahwa ada beberapa alat blog yang dapat sangat memasarkan bisnis kecil Anda? Ambil contoh Unbounce . Alat ini digunakan untuk membuat halaman arahan yang dioptimalkan sepenuhnya untuk sebuah blog. Anda dapat menggunakan alat ini untuk memastikan bahwa halaman arahan Anda selalu terlihat dan menarik bagi klien Anda.

Situs Gambar Microsoft Office adalah alat lain yang dapat digunakan untuk menyediakan Anda dengan gambar untuk blog Anda. Perhatikan bahwa gambar dianggap sangat penting untuk blog apa pun. Mereka dapat digunakan dalam memasarkan bisnis kecil Anda selama sesuai dengan konteks akar.

alat kolabarasi

Komunikasi langsung dengan klien adalah sesuatu yang sangat penting untuk bisnis kecil apa pun. Dengan bantuan komunikasi, Anda akan dapat membentuk jaringan langsung dengan klien yang ada dan potensial untuk bisnis kecil Anda. Hal yang baik adalah bahwa Internet telah menyediakan sejumlah alat kolaborasi yang dapat digunakan dalam memfasilitasi komunikasi.

Dropbox adalah salah satu alat yang dianggap kolaboratif dan yang dapat membuat bisnis kecil Anda berjalan jauh. Alat ini memungkinkan Anda untuk berbagi dokumen dan juga menyimpan cadangan informasi. Dengan itu, Anda dapat berbagi beberapa detail penting tentang produk Anda dengan orang lain.

Skype juga merupakan alat kolaboratif yang sangat penting yang dapat bekerja secara positif untuk bisnis kecil apa pun. Dengan alat ini, Anda dapat melakukan panggilan video dan mengirim pesan instan kepada orang-orang di luar sana.

Pelacakan Pesaing

Salah satu cara terbaik untuk memulai usaha pemasaran yang sukses adalah dengan terlebih dahulu melacak kinerja pesaing Anda. Melakukan hal itu akan memberi Anda kekuatan untuk membangun strategi pemasaran yang lebih kuat untuk mengurangi persaingan. Untungnya, ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa Anda melacak pesaing Anda dengan mudah.

Alexa adalah salah satu alat yang dapat digunakan dalam proses pelacakan. Alat ini bekerja dengan menganalisis metrik lalu lintas, demografi, dan banyak lagi. Dengan itu, Anda akan memiliki kekuatan untuk melihat statistik yang sangat penting mengenai pesaing Anda.

Google Alerts juga merupakan alat sumber daya lain untuk pemasaran bisnis kecil. Ini bekerja dengan menawarkan Anda peringatan konstan tentang topik yang menarik minat online. Nama pesaing disebutkan dalam peringatan. Ini berarti Anda akan tetap mendapat informasi tentang arah yang benar untuk diambil.