7 Tips untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Gaya hidup dan pilihan makanan Anda dapat memengaruhi cara tubuh Anda mencerna apa yang Anda makan. Minum air, menambahkan serat, dan berolahraga semua berkontribusi untuk kesehatan pencernaan yang lebih baik. Selain membuat pilihan diet yang baik, makan dengan jadwal teratur, tetap terhidrasi, dan berolahraga cukup adalah faktor-faktor dalam menjaga pencernaan yang sehat.
Selain membuat pilihan diet yang baik, makan dengan jadwal teratur, tetap terhidrasi, dan berolahraga cukup adalah faktor-faktor dalam menjaga pencernaan yang sehat.Shutterstock
Sistem pencernaan Anda memecah makanan yang Anda makan ke dalam nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Jika Anda mengabaikan kesehatan pencernaan Anda, tubuh Anda dapat mengalami masalah dalam menyerap nutrisi tersebut.

Kesehatan pencernaan Anda secara langsung dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan dan gaya hidup yang Anda jalani. Dengan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda, Anda akan membantu sistem pencernaan Anda berfungsi lebih efisien, meningkatkan kesehatan dan rasa sejahtera Anda secara keseluruhan.

Coba 7 kiat berikut untuk kesehatan pencernaan yang lebih baik:

1. Makan diet tinggi serat 

Menurut Maria Adams, RD, MPH , konsultan nutrisi di Marblehead, Massachusetts, mengonsumsi makanan yang kaya serat dan kaya biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Diet tinggi serat membantu menjaga makanan bergerak melalui saluran pencernaan Anda, membuat Anda kurang cenderung mengalami konstipasi, diet tinggi serat juga dapat membantu Anda mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti diverticulosis, hemoroid, dan sindrom iritasi usus (IBS). Selain itu, dapat membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Dapatkan serat yang tidak larut dan larut 

Sangat penting untuk mengkonsumsi kedua jenis serat, karena mereka membantu sistem pencernaan Anda dengan cara yang berbeda. “Serat tidak larut, juga dikenal sebagai serat kasar, tidak dapat dicerna oleh tubuh dan karena itu membantu menambah curah ke tinja, Serat larut menarik air dan dapat membantu mencegah tinja yang terlalu berair. Sumber serat tak larut yang baik termasuk dedak gandum, sayuran, dan gandum utuh; mendapatkan serat larut dari oat bran, kacang, biji, dan kacang polong.

3. Batasi makanan yang tinggi lemak

Secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, membuat Anda lebih rentan terhadap konstipasi. Tapi karena penting untuk mendapatkan beberapa lemak dalam diet Anda,dan memasangkan makanan berlemak dengan makanan berserat tinggi dapat membuatnya lebih mudah pada sistem pencernaan Anda.

4. Pilih daging tanpa lemak

Protein adalah bagian penting dari diet yang sehat, tetapi lemak daging dapat menyebabkan pencernaan tidak nyaman. Saat Anda makan daging, pilih potongan tanpa lemak, seperti daging babi dan unggas tanpa kulit.

5. Gabungkan probiotik ke dalam diet Anda

Probiotik adalah sejenis bakteri sehat yang secara alami ada di saluran pencernaan Anda. Mereka membantu menjaga tubuh sehat dengan memerangi efek diet yang buruk, antibiotik, dan stres. Selain itu, probiotik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, dapat membantu memecah laktosa, memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, dan bahkan mungkin membantu mengobati IBS. Adams menyarankan agar orang mengonsumsi sumber probiotik yang baik, seperti yogurt rendah lemak atau kefir, setiap hari.

6. Makan sesuai jadwal

Adams mengatakan bahwa mengonsumsi makanan dan camilan Anda dengan jadwal teratur dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap prima. Cobalah duduk untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan kudapan pada waktu yang sama setiap hari.

7. Tetap terhidrasi

Minum banyak air baik untuk kesehatan pencernaan Anda, menurut Adams. Serat menarik air ke dalam usus besar untuk menciptakan tinja yang lebih lunak dan lebih besar, memungkinkan mereka untuk melewati lebih mudah.